Home / 3D / Pelatihan Animasi | Blender 3D Rigging & Animation
Pelatihan Animasi | Blender 3D Rigging & Animation

Pelatihan Animasi | Blender 3D Rigging & Animation

Pelajari cara membuat animasi 3D dan memasang apa saja dalam Kursus Blender ini.

Apa yang akan Anda pelajari

  • • Membuat 15 proyek animasi yang berbeda termasuk namun tidak terbatas pada rumput, roda, pohon, ikan, lintasan tangki, api, cahaya, dan awan, dan jebakan petualangan
  • • Mempelajari cara menganimasikan trek tank agar tetap berada di semua jenis medan
  • • Menguasai seni mencurangi karakter dan menganimasikan siklus berjalan
  • • Menemukan cara membuat ngengat bergerak di sekitar sumber cahaya menggunakan sistem partikel bo pada Blender
  • • Menikmati pengenalan penuh untuk membuat animasi di Blender dengan 16 proyek animasi dengan tingkat kesulitan yang semakin meningkat
  • • Menggunakan Blender 3 dan memahami antarmuka dan pintasan barunya
  • • Menyelesaikan pengantar dasar-dasar animasi di Blender dan mempelajari cara membuat animasi hanya dengan bingkai kunci
  • • Membuat pegangan dan driver untuk membuat trek tangki Anda bergerak secara realistis
  • • Memaksimalkan manfaat tekstur animasi untuk membuat api dan aliran api
  • • Menghaluskan animasi dengan mode interpolasi
  • • Membangun rig dengan tulang tunggal dan ganda
  • • Menguasai seni pembobotan tulang untuk animasi 3D
  • • Mengubah bentuk objek dengan beberapa tombol bentuk
  • • Menganimasikan objek satwa liar dan morphing (yaitu, mengambil satu objek dan mengubahnya menjadi yang lain melalui sejumlah keyframe)
  • • Membuat efek asap bergaya menggunakan sistem partikel Blender
  • • Lulus untuk mengerjakan teknik animasi yang lebih kompleks seperti Kinematika terbalik, dan menganimasikan adegan besar
  • • Menggunakan opsi animasi kamera Blender untuk membuat pengaturan turntable kamera yang sederhana namun efektif
  • • Memanfaatkan rendering untuk meningkatkan kualitas presentasi animasi 3D Anda dengan merender di Eevee dan Cycles
  • • Mempresentasikan animasi Anda di 16 lingkungan berbeda yang disiapkan (disediakan dalam sumber daya kursus)
  • • Selesaikan kursus yang akan menjadi batu loncatan pertama untuk membuat animasi 3D yang berbeda untuk proyek yang akan datang dan yang sudah ada

Persyaratan

  • • Untuk memiliki komputer (Microsoft, Linux atau Mac)
  • • Untuk mengunduh Blender (tersedia gratis)
  • • Rasa haus untuk belajar dan antusiasme tentang pemodelan dan animasi 3D
  • • Untuk mengunduh semua sumber daya kursus termasuk 15 pengaturan adegan individu seperti yang terlihat pada tahapan kursus, dan adegan terpisah lainnya yang menampilkan adegan petualangan besar dengan jebakan maut yang terinspirasi oleh film

Keterangan

Deskripsi Kursus

Pernahkah Anda ingin menghidupkan kembali aset 3D yang Anda buat, menggerakkan anggota tubuhnya, membiarkannya berayun mengikuti angin, atau mengubahnya menjadi berbagai bentuk?

Sebagian besar kursus Blender menunjukkan tip dan trik pemodelan 3D, tekstur, dan rendering. Kami berfokus pada pembuatan berbagai animasi dari dasar, menengah, hingga lanjutan, semuanya sepenuhnya dibuat di Blender – salah satu perangkat lunak pemodelan 3D open-source teratas dan gratis.

Kami tidak akan menggunakan software lain untuk menganimasikan semua yang Anda lihat di thumbnail, kecuali Blender. Anda juga akan belajar tentang beberapa angker, siklus berjalan, dan meja putar, dan sebagai nilai tambah tambahan, Anda akan belajar tentang cara menganimasikan adegan penuh yang mengingatkan pada film petualangan dengan jebakan maut yang berbeda.

Ini bagus karena artinya Anda akan melihat bagaimana kami menganimasikan objek organik dan mati dari awal untuk video game. Saya yakin ‘The Ultimate Guide to Blender 3D Rigging and Animation’ akan menjadi satu-satunya kursus yang Anda ingin tetap berguna kapan pun Anda membutuhkan aset animasi.

Top 6 ‘Panduan Utama untuk Blender 3D Rigging dan Animasi’ kami :

1. Mengikuti pengantar lengkap tentang animasi di Blender dengan animasi dasar;

2. Mempelajari cara menganimasikan trek tank agar menempel di semua jenis medan;

3. Membuat pegangan dan driver untuk membuat trek tangki Anda bergerak secara realistis;

4. Menguasai seni rigging karakter dan menjiwai siklus berjalan;

5. Menemukan cara membuat ngengat bergerak di sekitar sumber cahaya menggunakan sistem partikel bo pada Blender;

6. Memaksimalkan manfaat tekstur animasi untuk menciptakan api dan aliran api.

Sekarang, ada kursus di luar sana yang dapat menunjukkan kepada Anda cara menganimasikan aset tertentu dari awal hingga akhir, tetapi tidak ada yang mencakup keseluruhan proses dari rumput ke roda, ke pohon, ke ikan, ke trek tangki, ke api, ke cahaya. , dan awan, dan bahkan jebakan game petualangan yang mematikan. Kursus ini dimaksudkan sebagai panduan lengkap untuk membuat animasi di Blender.

Tahap 1: Animasi Dasar

Bagian dari ini akan membahas dasar-dasar animasi. Tidak ada tulang atau rig, hanya bingkai kunci. Kami juga akan melihat mode interpolasi dan bagaimana kami dapat menggunakannya untuk memuluskan animasi.

· Pindah – Putar – Skala

· Interpolasi mode

· Simulasi dasar

Tahap 2: Animasi Swing

Dengan menggunakan keterampilan yang kami pelajari dari tahap 1, kami menyempurnakannya dengan membuat rig dan single bone pertama kami. Ini adalah dasar dari sebagian besar animasi.

· Animasi Ayunan

· Rig Sederhana

· Tulang Akar

Tahap 3: Pemutaran Roda

Saat bekerja dengan apa pun yang dapat berputar, penting untuk memahami cara kerja bingkai dan kunci. Pada tahap ini, kami akan menjelaskan cara membuat roda pemintal. Tujuan kami adalah agar gerakannya terlihat realistis. Hal terbaik tentang animasi roda adalah ini dapat dicapai dalam waktu sesingkat mungkin.

· Bingkai Kunci

· Bingkai Kosong

· Interpolasi Linear

Tahap 4: Pembobotan Dasar

Pada bagian lain, kita akan melihat cara kerja pembobotan dan Anda akan belajar cara menambah bobot pada tulang. Ini penting untuk menciptakan tingkat realisme tertentu. Kami juga akan melihat kapan dan bagaimana menggunakan tulang bengkok.

· Tulang Bengkok

· Pohon Bergoyang

· Bagan Berat

Tahap 5: Kunci Bentuk

Tombol bentuk adalah alat animasi yang sangat kuat yang kami miliki. Kami tidak hanya dapat mengubah bentuk objek dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh rig, tetapi kami juga dapat menggabungkan beberapa kunci bentuk.

· Kunci Bentuk

· Animasi Tekstur

· Animasi Pertumbuhan

Tahap 6: Banyak Tulang

Sebagai seniman 3D, pada titik tertentu, Anda akan memiliki model yang membutuhkan lebih dari sekadar satu tulang. Di bagian kursus ini, kita belajar bagaimana kita bisa membuat animasi dengan banyak tulang yang bekerja secara mandiri.

· Beberapa Tulang

· Menggabungkan Keyframe

· Garis waktu

Tahap 7: Ikan Animasi

Menghidupkan satwa liar secara realistis bisa jadi sulit. Untungnya, kami memiliki cukup banyak Blender yang dapat mempercepat alur kerja Anda dan meningkatkan realisme animasi. Di dalam editor grafik, kita akan melihat pengubah dan cara menggabungkannya dengan perpindahan.

· Pengubah Kebisingan

· Jalur Animasi

· Perpindahan

Tahap 8: Berubah

Morphing adalah proses mengambil satu objek dan mengubahnya menjadi objek lain melalui sejumlah keyframe. Sekarang, ini tidak sesederhana mengklik tombol. Pada bagian ini kita akan melihat bagaimana mengatur proses dan bagaimana mengubah tekstur bersama dengan objek.

· Kecilkan Pembungkus

· Perubahan

· Pengaturan Tekstur

Tahap 9: Trek Tank

Menurut pendapat saya, trek tank adalah animasi yang diminta nomor satu, berada di urutan kedua setelah rig karakter. Inilah sebabnya mengapa itu termasuk dalam kursus. Kami akan membahas cara menempelkan jejak kami ke medan apa pun. Anda akan menyelesaikan bagian ini dengan keterampilan membuat pegangan dan pengemudi agar trek tangki Anda bergerak secara realistis.

· Pengemudi

· Menangani

· Pengubah Kurva

Tahap 10: Kedipan Api & Cahaya

Akan selalu ada banyak sekali model yang membutuhkan nyala api dalam beberapa bentuk atau bentuk. Ini berarti bahwa mengetahui cara menganimasikan api adalah komponen kunci dari ‘Panduan Utama untuk Rigging dan Animasi 3D Blender’. Anda tidak hanya akan belajar cara membuat api dari awal, tetapi Anda juga akan belajar cara menganimasikannya. Kekosongan dan perpindahan akan menjadi kunci untuk menciptakan api yang realistis tanpa perlu simulasi yang rumit.

· Tekstur Koordinat

· Pencahayaan Animasi

· Memindahkan Api

Tahap 11: Ngengat & Cahaya

Hal-hal kecil itulah yang dapat menghidupkan suasana. Di bagian kursus ini, kita akan membahas pelacakan objek. Pelacakan objek dapat digunakan untuk membuat ngengat terbang di sekitar sumber cahaya. Ke mana pun cahaya pergi, ngengat akan mengikuti, semuanya berkat boid brain yang merupakan fitur Blender luar biasa yang disertakan dengan pengaturan partikel.

· Cara menggunakan kosong

· Pelacakan Objek

· Sistem Boid Partikel

Tahap 12: Awan

Fokus utama adalah membuat animasi tanpa perlu simulasi. Ini berarti kita perlu menemukan cara lain untuk menciptakan sesuatu seperti asap. Di bagian kursus ini, kita membuat efek asap bergaya menggunakan sistem partikel Blender. Ini juga berarti sangat mudah untuk melihat hasilnya secara real-time.

· Bakso

· Kecepatan

· Garis Waktu Terbalik

Tahap 13: Rantai Kompleks

Bagian dari ini akan melibatkan membawa banyak dari apa yang telah kita pelajari sejauh ini dan menerapkannya bersama-sama. Ini akan melibatkan kami membuat rig yang kompleks dan juga akan memperkenalkan Anda untuk inverse Kinematics atau IKs singkatnya. Kami juga akan melihat pelacakan tulang dan meningkatkan tingkat animasi pembelajaran.

· Invers Kinematika

· Divisi Tulang

· Angker Kompleks

Tahap 14: Siklus Berjalan

Ya, kami meninggalkan bagian terbaik dari kursus ini menjelang akhir. Di sini, kita akan fokus pada rig karakter dan animasi. Ini akan dilakukan selama banyak pelajaran karena ada banyak sekali pembelajaran yang harus diambil. Anda tidak hanya akan mencurangi karakter, tetapi Anda akan belajar betapa mudahnya membuat siklus berjalan dasar. Ini adalah suatu keharusan jika Anda berniat membuat game dan karakter Anda sendiri.

· Rigging Karakter

· Berjalan Siklus

· Tiang Tulang

Tahap 15: Meja Putar Kamera

Ini adalah bagian terakhir sebelum kita menganimasikan adegan besar. Sejujurnya, siapa pun yang berpikir untuk terjun ke dunia modeling harus mempelajari dasar-dasar animasi kamera. Lebih penting lagi, untuk memamerkan karya Anda, Anda memerlukan penyiapan turntable kamera yang sederhana namun efektif. Inilah yang akan kita pelajari di bagian 15.

· Meja putar

· Gerakan Halus

· Kontrol Kamera

Tahap 16: Adegan Besar Indiana Jones

Kita akhirnya berhasil mencapai bagian terakhir dari kursus ini, dan sekarang Anda seharusnya memiliki keterampilan untuk menganimasikan pemandangan besar Anda sendiri. Ini akan mencakup batu-batu besar yang menggelinding, langit-langit yang bergetar, dan banyak lagi. Adegan petualangan dengan jebakan mematikan di setiap sudut ini akan menjadi cara yang bagus untuk mempraktikkan semua yang telah Anda pelajari.

· Adegan Besar

Banyak Angker

· Tes Keterampilan

Sumber Daya Kursus & Gratis

Untuk siapa kursus ini:

  • • Animator 3D pemula yang ingin belajar tentang cara menganimasikan benda hidup dan benda mati
  • • Penggemar Blender yang ingin mempercepat pemahaman mereka tentang perubahan animasi yang baru dan menarik
  • • Pemodel 3D Tingkat Menengah yang ingin meningkatkan keahlian animasi atau pemodelan 3D mereka ke tingkat yang baru dan meningkatkan alur kerja mereka dengan tips dan trik
  • • Penggemar lingkungan game fantasi dan dunia terbuka yang ingin menghidupkan kembali lingkungan yang mereka buat dan membuatnya tampak lebih realistis

About Jogja Multimedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top